JURNAL ANALISIS 2
Analisis Jurnal Ilmiah Oleh : AGUNG APRIANTO
NPM : 10210285
Kelas
: 3EA13
1. Judul
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada
Mie Ayam dan ayam bakar Fajar Cabang Kelapa Dua.
Pengarang Boby
Hermawan, dkk.
Tahun
2012
2. Tema
Peningkatan jumlah Pelanggan
3. Latar Belakang Masalah
Di era globalisasi ini persaingan bisnis telah membuat
berbagai perusahaan untuk berlomba merebut dan mempertahankan pangsa pasarnya.
Dalam hal ini salah satu sector yang masuk dalam dunia usaha adalah sector
perdagangan. Khususnya perdagangan di bidang kuliner para penjual harus bisa
menemukan berbagai strategi yang tepat untuk mencapai keunggulan yang
kempetitif, dengan harapan bisa mempertahankan pasar dan memenangkan
persaingan. Mie Ayam Fajar yang berada di jalan Akses UI Kelapa Dua ini
selain mempunyai cita rasa mie ayam yang enak dan murah terjangkau, Mie Ayam
Fajar ini juga mempunyai semua fasilitas yang disebutkan diatas. Ia
memperhatikan semua hal dari yang terkecil sampai yang terbesar demi memuaskan
konsumennya. Tak heran semakin hari pelanggan Mie Ayam Fajar ini semakin
bertambah.
4. Masalah
Bagaimana Mie Ayam Fajar Cabang
Kelapa Dua memberikan kualitas pelayanannya kepada pelanggan ? Apakah
pelanggan puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Mie Ayam Fajar
Cabang Kelapa Dua ?
5. Tujuan
Untuk menganalisa seberapa puas
pelanggan dalam menerima kualitas pelayanan yang diberikan oleh Mie Ayam Fajar
Cabang Kelapa Dua.
6. Metodologi
Data & Variabel
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer. Data primer adalah data yang dikumpulkan dan disusun oleh peneliti
sendiri yang diperoleh melalui kuesioner,wawancara, atau observasi. Dalam
pengumpulan data primer, penghayatan peneliti terhadap objek yang diteliti
merupakan faktor yang sangat penting, terutama untuk memperoleh informasi
kualitatif yang melatarbelakangi data kuantitatif yang diperoleh.
Dalam penelitian ini variabel yang akan diteliti adalah
variable bebas/independen (X) yaitu variabel yang menjadi sebab
terjadinya/terpengaruhnya variable dependen (Umar, 2002:129) dan variabel
terikat/dependen (Y) yaitu variabel yang nilainya dipengaruhi oleh variabel
independen (Umar, 2002:45). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Makanan,
Tempat, kualitas pelayanan dan variabel terikatnya adalah Kepuasan konsumen.
Metode
Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Statistik
deskriptif merupakan bidang ilmu statistika yang mempelajari cara-cara
pengumpulan, penyusunan, dan penyajian data suatu penelitian.
Model penelitian
Model penelitian yang digunakan penulis adalahpenelitian
kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif dan survei yaitu suatu metode
pengumpulan penyajian dan penganalisaan data, sehingga dapat memberikan
gambaran yang cukup jelas mengenai objek yang diteliti dan menarik kesimpulan
berdasarkan penelitian yang dilakukan
7. Hasil
Pada penelitian digunakan 2 metode untuk menganalisa data
primer yang telah diperoleh, yakni metode analisa deskriptif dan metode analisa
statistik. Metode analisa deskriptif dalam penelitian ini merupakan uraian atau
penjelasan dari hasil pengumpulan data primer yang berupa kuesioner yang telah
diperoleh dari responden penelitian. Sedangkan metode analisa statistik ,
selain untuk menguji uji validitas dan reabilitas dari kuesioner, metode analisa
statistik juga digunakan untuk melakukan analisa regresi berganda.
8. Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa dari 50 orang responden menyatakan baik (puas) terhadap
pelayanan Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua. Hal ini dapat dilihat bahwa
antusias para pelanggan sangat tinggi akan kesadaran untuk makan di Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua, Dengan begitu Mie Ayam Fajar cabang Kelapa Dua telah
berusaha dan berhasil membuat para konsumen (pelanggan) merasa puas dengan
pelayanan yang telah diberikan oleh Mie Ayam Fajar cabang Kelapa Dua.
Apabila Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua ingin mendapat
konsumen (pelanggan) yang banyak, harus selalu unggul dalam persaingan serta
ingin selalu memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen, maka Mie Ayam dan ayam bakar Fajar
cabang Kelapa Dua harus terus memperhatikan kebutuhan yang selalu diinginkan
oleh konsumen dan lebih meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal lagi
terutama pada jenis menu dan fasilitas serta keramah tamahan pelayanan.
0 komentar:
Posting Komentar