JURNAL ANALISIS 1
Analisis Jurnal Ilmiah Oleh : AGUNG
APRIANTO
NPM
: 10210285
Kelas
: 3EA13
1. Judul
Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk ayam bakar D'Jokers
di Kampus
Gunadarma Depok.
Pengarang Karina Oktaviani
Tahun 2011
2. Tema Peningkatan jumlah Pelanggan
3. Latar Belakang Masalah
Pengarang Karina Oktaviani
Tahun 2011
2. Tema Peningkatan jumlah Pelanggan
3. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini dunia usaha sangat berkembang dengan pesat, karena banyaknya
bermunculan ide – ide kreatif dan inovatif dilingkungan kita. Seiring dengan
tumbuhnya ide- ide tersebut maka konsep pemasaran pun ikut berkembang. Depok
merupakan salah satu daerah yang cukup banyak memiliki gedung pendidikan
seperti kampus. ini menjadi acuan bagi pengusaha UKM, salah satunya adalah
jenis ayam bakar yang renyah dengan kemasan yang menarik
sehingga mengundang konsumen untuk mencobanya. ayam bakar D'jokers oleh mahasiswa
Gunadarma sudah bukan menjadi makanan asing lagi, kepopuleran makanan ini belum
surut dari dimulainya usaha tersebut. Jenis usaha ini di kampus gunadarma
sangat memberikan peluang yang besar. Hal ini dapat dilihat dari semakin
ketatnya persaingan didunia bisnis UKM.
4. Masalah
- Bagaimana
besar pengaruh tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk?
- Apakah
kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen?
5. Tujuan
- Untuk mengukur
tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk.
- Untuk mengetahui
apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.
6. Metodologi
Data & Variabel
Data yang digunakan untuk penelitian adalah data primer
yaitu data yang diperoleh melalui wawancara kepada narasumber yaitu penjaga
ayam bakar D'jokers serta pengisian kuesioner oleh responden.
Dengan jenis data yang digunakan yaitu :
1. Data kualitatif yaitu data non angka, berupa informasi
atau penjelasan yang didasarkan pada pendekatan teoritis dan penilaian logis.
2. Data kuantitatif yaitu data angka.
Variable yang digunakan :
- Variabel tidak bebas (Y) adalah tingkat kepuasan
konsumen yang diperoleh dari faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen untuk
mengkonsumsi ayam bakar D'jokers.
- Variable bebas (X) adalah faktor- faktor yang
mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi ayam bakar D'jokers, atribut tersebut antara
lain tingkat harga yang ditawarkan (x1) , banyaknya pilihan menu (x2), bentuk sajian (x3) dan kemudahan didapat (x4).
Metode
Metode yang digunakan adalah metode
deskriptif dan metode statistika.
Model penelitian
ayam bakar D'jokers merupakan salah satu usaha
franchise yang sedang naik daun, memiliki beberapa atribut yang langsung dapat
dirasakan oleh konsumen sebagai faktor – faktor yang mendukung kepuasan
konsumen antara lain harga(x1) , pilihan menu(x2), rasa(x3) dan
kemudahan didapat(x4).
7. Hasil
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen untuk
berlangganan di ayam bakar D'jokers. Dari penelitian yang telah diamati terdapat
beberapa faktor mengapa sebagian besar konsumen ayam bakar D'jokers di daerah Depok,
menjadi pelanggan tetap, antara lain sebagai berikut :
1. Harga terjangkau.
2. Banyak pilihan menu.
3. rasa.
4. Mudah didapat.
8. Kesimpulan
Faktor-faktor yang menjadi pengaruh naiknya tingkat minat
konsumen untuk mengkonsumsi ayam bakar D'jokers, karena mereka beranggapan bahwa
ayam bakar D'jokers adalah makanan yang bergiziuntuk dikonsumsi terlebih pada
siang hari dengan berbagai pilihan menu dan harga terjangkau. Umumnya
kepuasan konsumen menjadi titik tolak besar kecilnya loyalitas pelanggan
terhadap suatu produk ataupun jasa. ayam bakar D'jokers menghadirkan sensasi berbeda daripada rumah makan lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar