kabarmadura.com internasional

bicarabola.com

jurnal analisis 1

| Senin, 19 November 2012 | |

JURNAL ANALISIS 1
Analisis Jurnal Ilmiah Oleh      : AGUNG APRIANTO
NPM                                            : 10210285
Kelas                                          : 3EA13


1. Judul            Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk ayam bakar  D'Jokers 
                         di Kampus Gunadarma Depok.

   Pengarang    Karina Oktaviani
   Tahun            2011

2. Tema            Peningkatan jumlah Pelanggan

3. Latar Belakang Masalah 

Dewasa ini dunia usaha sangat berkembang dengan pesat, karena banyaknya bermunculan ide – ide kreatif dan inovatif dilingkungan kita. Seiring dengan tumbuhnya ide- ide tersebut maka konsep pemasaran pun ikut berkembang. Depok merupakan salah satu daerah yang cukup banyak memiliki gedung pendidikan seperti kampus. ini menjadi acuan bagi pengusaha UKM, salah satunya adalah jenis ayam bakar yang renyah dengan kemasan yang menarik sehingga mengundang konsumen untuk mencobanya. ayam bakar D'jokers oleh mahasiswa Gunadarma sudah bukan menjadi makanan asing lagi, kepopuleran makanan ini belum surut dari dimulainya usaha tersebut. Jenis usaha ini di kampus gunadarma sangat memberikan peluang yang besar. Hal ini dapat dilihat dari semakin ketatnya persaingan didunia bisnis UKM.

4. Masalah 

      -     Bagaimana besar pengaruh tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk?
      -    Apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen?

5. Tujuan 

      -  Untuk mengukur  tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk.
      - Untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif  terhadap loyalitas konsumen.

6. Metodologi 

Data & Variabel

Data yang digunakan untuk penelitian adalah data primer yaitu data yang diperoleh melalui wawancara kepada narasumber yaitu penjaga ayam bakar D'jokers serta pengisian kuesioner oleh responden.
Dengan jenis data yang digunakan yaitu :
1. Data kualitatif yaitu data non angka, berupa informasi atau penjelasan yang didasarkan pada pendekatan teoritis dan penilaian logis.
2. Data kuantitatif yaitu data angka.

Variable yang digunakan :
- Variabel tidak bebas (Y) adalah tingkat kepuasan konsumen yang diperoleh dari faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi ayam bakar D'jokers.
- Variable bebas (X) adalah faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi ayam bakar D'jokers, atribut tersebut antara lain tingkat harga yang ditawarkan (x1) , banyaknya pilihan menu (x2), bentuk sajian (x3) dan kemudahan didapat (x4).

Metode 
     Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode statistika.

Model penelitian
    ayam bakar D'jokers merupakan salah satu usaha franchise yang sedang naik daun, memiliki beberapa atribut yang langsung dapat dirasakan oleh konsumen sebagai faktor – faktor yang mendukung kepuasan konsumen antara lain  harga(x1) , pilihan menu(x2), rasa(x3) dan kemudahan didapat(x4).


7. Hasil

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen untuk berlangganan di ayam bakar D'jokers. Dari penelitian yang telah diamati terdapat beberapa faktor mengapa sebagian besar konsumen ayam bakar D'jokers di daerah Depok, menjadi pelanggan tetap, antara lain sebagai berikut :
               
1.    Harga terjangkau.
2.    Banyak pilihan menu.
3.    rasa.
4.    Mudah didapat.

8. Kesimpulan

Faktor-faktor yang menjadi pengaruh naiknya tingkat minat konsumen untuk mengkonsumsi ayam bakar D'jokers, karena mereka beranggapan bahwa ayam bakar D'jokers adalah makanan yang bergiziuntuk dikonsumsi terlebih pada siang hari dengan berbagai pilihan menu dan harga terjangkau. Umumnya kepuasan konsumen menjadi titik tolak besar kecilnya loyalitas pelanggan terhadap suatu produk ataupun jasa. ayam bakar D'jokers menghadirkan sensasi berbeda daripada rumah makan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar