Metode Riset
JURNAL 2
Judul, nama pengarang, tahun
Judul : Analisis Kepuasan Konsumen
terhadap Pelayanan Laundry Laurent,
Pengarang,tahun : Adya Prasetya,2010.
Tema: Pelayanan Kerapian
dan Kebersihan di Laundry
a. Latar Belakang
Pada zaman serba instan ini, kebutuhan akan jasa pencucian pakaian cepat,
bersih dan rapi mulai memegang peran penting di masyarakat, terutama di musim
penghujan, ketika kebanyakan rumah tangga akan sangat sulit untuk mencuci dan
menjemur di saat jarang terdapat matahari. Kualitas pelayanan yang baik dari
suatu usaha pencucian pakaian atau laundry merupakan hal paling utama dalam
memberikan kepuasan kepada konsumen. Kualitas pelayanan yang baik juga dapat
memberikan citra yang baik pada usaha laundry. Kualitas pelayanan dapat dilihat
dari dimensi kehandalan, keresponsifan, jaminan, empati dan berwujud. Dalam
bidang pemasaran, pengembangan suatu produk jasa sangatlah penting dalam
pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Jasa pada dasarnya bersifat tidak berwujud,
maka setiap orany yang mengkonsumsinya memiliki pengalaman yang berbeda-beda
terhadap produk yang sama. Untuk itulah kualitas jasa pelayanan harus menjadi
hal yang terpenting karena kualitas sangatlah mempengaruhi terhadap kepuasan
pelayanan konsumen.
b. Rumusan Masalah
Bagaimana tanggung jawab pelaku usaha laundry
terhadap konsumen pengguna jasa laundry ?
c. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui apakah pelayanan yang dilakukan oleh laundr laurent
memberikan kepuasan
kepada konsumennya.
Untuk mengetahui dimensi kualitas
manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi tingkat
kepuasan konsumen pada usaha
laundry Laurent
d. Metode Penelitian
Data : Penelitian ini menggunakan data primer, dengan cara penelitian
menggunakan kuesioner dari
24maret – 7 aril 2010
Variabel : Konsumen atau pelanggan yang menggunakan jasa Laundry Laurent.
Teknik pengumpulan data : Observasi, wawancara, kuesioner
Teknik sampling : Dalam penelitian ini menggunakan teknik probabilitas
yaitu dengan menggunakan
teknik random
Analisis Data : Skala likert, Uji hipotesis proporsi tunggal
e. Hasil penelitian
dan Kesimpulan
1. Jumlah konsumen yang menyatakan minimal puas terhadap pelayanan
yang diberikan oleh Laundry
Laurent masih dibawah jumlah yang penulis tentukan dalam hipotesis. Jadi
penulis menyatakan bahwa
konsumen Laundry Laurent masih belum merasa puas terhadap pelayanan yang
diberikan.
2. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, diketahui bahwa dimensi
kualitas pelayanan yang paling
dominan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen pada usaha Laundry Laurent
adalah dimensi
empati dengan jumlah skor 752 melalui metode Skala Likert dan dengan nilai
1.538 melalui pengujian
hipotesis prporsi tunggal.
f. Saran dan Usulan lanjut
Sebaiknya laundry laurent lebih meningkatkan kualitas
pelayanan dari semua dimensi koresponsifan yang memperlihatkan nilai terendah
agar laundry laurent dapat memberikan kepuasan kepada para pelangganya dan
sebagai langkah untuk menarik calon konsumen.
Pihak laundry laurent juga perlu meningkatkan kualitas
di bidang sumber daya manusia terutama kinerja para karyawan dan berusaha
meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan agar konsumen merasa puas
dan semakin banyak konsumen yang mempergunakan jasa pencucian di laundry
laurent.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar