Metode Riset
JURNAL 3
Judul, nama pengarang, tahun
Judul : Analisis Pengaruh keandalan
terhadap kepuasan konsumen pada green box laundry
Pengarang : Maixel.S,Depok.2011.
Tema: Pelayanan Kerapian dan Kebersihan di
Laundry
a. Latar Belakang
Pekerjaan
mencuci baju dan menyetrika baju misalnya, kerap kali menjadi urusan yang
merepotkan sehingga butuh bantuan orang lain sebab mau tidak mau menampilkan
rapi dan trendy. Diperlukan untuk mendukung setiap kegiatan. Maka dari itu
pengusaha laundry dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal agar
konsumen mendapat kepuasan atas jasa yang telah ia pakai.
Dari
pembahasan diatas pelayanan adalah faktor utama dalam pembentuk kepuasan
pelanggan. Oleh karena itu penulis akan membahas faktor lain yang akan
menunjukkan kepuasan konsumen selain kualitas pelayanan itu sendiri, yang dalam
hal ini mengambil contoh kasus bukti fisik pada Greenbox Laundry Kelapa Dua.
b. Rumusan Masalah
Apakah keandalan
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen ?
Faktor-faktor apa
saja yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen ?
c. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui konsep pengaruh keandalan terhadap kepuasan konsumen.
Untuk mengetahui faktor-faktor
yang mempengaruhi kepuasan konsumen.
d. Metode Penelitian
Kuisioner untuk
setiap variabel dalam penelitian ini merupakan jenis kuesioner tertutup, dengan
metode pengukuran skala semantik diferensial 1 sampai 6 . Untuk mengukur
indikator kepentingan yang digunakan skala rasio tersebut yaitu nilai 1 (sangat
tidak penting) sampai dengan nilai 6 (sangat penting) untuk mengukur kepuasan
skala rasio yang digunakan adalah nilai 1 (sangat tidak puas) sampai nilai 6
(sangat puas).
|
Lalu dari data
tersebut kita mencari nilai GAP dari selisih antara nilai kepuasan dengan
harapan.
Data & Variabel
Penelitian ini
menggunakan data primer yang diambil dari kuisioner. Data tersebut Berupa data
kualitatif yaitu data penelitian yang bukan angka, yang sifatnya tidak dapat
dihitung berupa informasi atau penjelasan yang didasarkan pada pendekatan
teroritis dan penilaian logis, dan data kuantitatif yaitu data yang berupa
angka yang sifatnya dapat dihitung.
Variabel-variabel
yang digunakan saat penelitian adalah :
X1 : Realibity
X2 : Responsiveners
X3 : Tangibel
Tahapan Penelitian
Survey, pengumpulan
data lapangan, pengolahan data, analisis dan implementasi data serta laporan
penelitian.
Hasil Penelitian dan
Kesimpulan
Tingkat populasi yang
ditetapkan dalam penelitian ini terdiri dari semua pelanggan yang sama dari
pengguna jasa GreenBox di Kelapa Dua. Pengambilan dilakukan dengan cara teknik
sample random yaitu pengambilan anggota sample dari populasi yang dilakukan
secara acak tanpa memperhatika strata yang ada pada populasi. Mengingat
besarnya populasi, maka dalam penelitian ini mengambil sampel sekitar 30 orang
konsumen pada GreenBox di Kelapa Dua.
Sumber
0 komentar:
Posting Komentar