kabarmadura.com internasional

bicarabola.com

Jurnal 3

| Senin, 22 Oktober 2012 | |


Metode Riset

JURNAL 3

Judul, nama pengarang, tahun

Judul           : Analisis Pengaruh keandalan terhadap kepuasan konsumen pada green box laundry
Pengarang   :  Maixel.S,Depok.2011.
Tema: Pelayanan Kerapian dan Kebersihan di Laundry


a. Latar Belakang

Pekerjaan mencuci baju dan menyetrika baju misalnya, kerap kali menjadi urusan yang merepotkan sehingga butuh bantuan orang lain sebab mau tidak mau menampilkan rapi dan trendy. Diperlukan untuk mendukung setiap kegiatan. Maka dari itu pengusaha laundry dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal agar konsumen mendapat kepuasan atas jasa yang telah ia pakai.
Dari pembahasan diatas pelayanan adalah faktor utama dalam pembentuk kepuasan pelanggan. Oleh karena itu penulis akan membahas faktor lain yang akan menunjukkan kepuasan konsumen selain kualitas pelayanan itu sendiri, yang dalam hal ini mengambil contoh kasus bukti fisik pada Greenbox Laundry Kelapa Dua.


b. Rumusan Masalah

 Apakah keandalan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen ?
 Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen ?

c. Tujuan Penelitian

  Untuk mengetahui konsep pengaruh keandalan terhadap kepuasan konsumen.
  Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen.
 

d. Metode Penelitian

Kuisioner untuk setiap variabel dalam penelitian ini merupakan jenis kuesioner tertutup, dengan metode pengukuran skala semantik diferensial 1 sampai 6 . Untuk mengukur indikator kepentingan yang digunakan skala rasio tersebut yaitu nilai 1 (sangat tidak penting) sampai dengan nilai 6 (sangat penting) untuk mengukur kepuasan skala rasio yang digunakan adalah nilai 1 (sangat tidak puas) sampai nilai 6 (sangat puas).

GAP = Nilai Kepuasan – Nilai Harapan
Lalu dari data tersebut kita mencari nilai GAP dari selisih antara nilai kepuasan dengan harapan.



Data & Variabel
Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuisioner. Data tersebut Berupa data kualitatif yaitu data penelitian yang bukan angka, yang sifatnya tidak dapat dihitung berupa informasi atau penjelasan yang didasarkan pada pendekatan teroritis dan penilaian logis, dan data kuantitatif yaitu data yang berupa angka yang sifatnya dapat dihitung.

Variabel-variabel yang digunakan saat penelitian adalah :
X1       : Realibity
X2       : Responsiveners
X3       : Tangibel

Tahapan Penelitian
Survey, pengumpulan data lapangan, pengolahan data, analisis dan implementasi data serta laporan penelitian.

Hasil Penelitian dan Kesimpulan

Tingkat populasi yang ditetapkan dalam penelitian ini terdiri dari semua pelanggan yang sama dari pengguna jasa GreenBox di Kelapa Dua. Pengambilan dilakukan dengan cara teknik sample random yaitu pengambilan anggota sample dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatika strata yang ada pada populasi. Mengingat besarnya populasi, maka dalam penelitian ini mengambil sampel sekitar 30 orang konsumen pada GreenBox di Kelapa Dua.

Sumber










0 komentar:

Posting Komentar