Metode Riset
JURNAL 1
Judul, nama pengarang, tahun
Analisis
Pengaruh kualitas layanan terhadap royalitas pelanggan di laundry 5asec,Ellys
Cornelia,Surabaya,2001.
Tema: Pelayanan Kerapian dan Kebersihan di
Laundry
a. Latar Belakang
Dalam dunia industri, loyalitas
pelanggan merupakan ukuran keberhasilan dalam usaha pelayanan jasa. Pelanggan
akan merasa jauh lebih puas manakala dapat memenuhi kebutuhan konsumen jauh
melebihi apa yang diharapkan. Ini sangat bergantung pada kualitas layanan dari
pada para staf dalam memberikan pelayanan. Demikian halnya dengan Laundry 5Asec
yang menekankan penilaian keberhasilan pemberian pelayanan pada tamu melalui
pendapat pelanggan yang diisi oleh para tamu. Loyalitas pelanggan yang berusaha
dicapai oleh Laundry 5Asec Surabaya ini dapat diukur dengan cara menyebarkan
kuesioner yang akan diisi oleh konsumen. Pertanyaan dalam kuisioner ini
berhubungan erat dengan kualitas layanan karyawan laundry 5Asec Surabaya dari
sudut pandang persepsi loyalitas pelanggan. Hasil jawaban kuesioner ini akan
dihitung untuk menentukan seberapa besarkah pengaruh jualitas layanan terhadap
loyalitas pelanggan. Dengan mengetahui kualitas layanan laundry 5Asec terkait
dengan loyalitas pelanggan, Laundry 5Asec Surabaya dapat mengerti secara lebih
mendalam mengenai pandangan pelanggan terhadap kualitas layanan yang diberikan
karyawan 5Asec Surabaya dan menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan
kinerja di masa mendatang demi mencapai loyalitas pelanggan.
b. Rumusan Masalah
Bagaimana akibat hukum penggunaan klausal baku dalam
usaha laundry ?
c. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui konsep kualitas pelayanan terhadap konsumen pengguna
jasa laundry.
Untuk mengetahui loyalitas
konsumen terhadap pengguna jasa laundry 5Asec.
d. Metode Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif kausal. Penelitian kuantitatif kausal adalah penelitian pendekatan
ilmiah terhadap pengambilan keputusan manajerial dan ekonomi yang bertujuan
untuk mendaptkan bukti hubungan sebab-akibat atau pengaruh dari
variabel-variabel penelitian. Peneliti melakukan pengamatan terhadap
konsekuensi-konsekuensi yang timbul dan menelusuri kembali fakta yang secara
masuk akal sebagai faktor-faktor penyebabnya. Peneliti dapat mengidentifikasi
fakta atau peristiwa tersebut sebagai variabel yang dipengaruhi (variable
dependen) yaitu customer loyalty. Dan melakukan penyelidikan
terhadap variabel-variabel yang mempengaruhi (variable indipenden) yaitu
kualitas layanan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuanitatif
karena pengumpulan data, penafsiran data, dan penarikan kesimpulan dari
penelitian ini berupa angka. Dalam penelitian ini penulis melakukan perhitungan
mean dan distribusi frekuensi untuk memberikan gambaran dari data
yang akan diperoleh.
”Populasi adalah keseluruhan obyek atau item yang
dibatasi oleh kriteria tertentu” (Abdul Hakim, 1997, p.18). Populasi yang
ditetapkan dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung 5Asec. ”Sampel adalah
kumpulan sebagian anggota populasi yang terbentuk karena sampling” (Abdul
Hakim, 1997, p.18).
Batasan dalam pengambilan sampel adalah:
1. Orang-orang yang pernah berkunjung
dan menggunakan jasa laundry 5Asec, sebanyak minimal 2 kali, selama 6 bulan
terakhir.
2. Batas lingkupnya hanya jasa cuci 5Asec di Kota
Surabaya.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini merupakan sumber
data, artinya sifat-sifat atau karakteristik dari sekelompok subyek, gejala,
dan obyek. Sifat dan jaringan tersebut dijaring melalui instrument yang telah
dipilih dan dipersiapkan oleh peneliti. Populasi tidak terbatas luasnya, bahkan
ada yang tidak dapat dihitung jumlah dan besarannya sehingga tidak mungkin
diteliti. Kalaupun akan diteliti, akan memerlukan biaya yang relatif cukup
banyak, tenaga yang besar, waktu yang lama, dan sangat tidak praktis.
Oleh karena itu, sebagian
saja asal memiliki sifat-sifat yang sama dengan populasi. Proses menarik
sebagian subyek, gejala,atau obyek yang ada pada populasi tersebut disebut
sampel atau penyampelan. Dengan demikian penelitian dilakukan terhadap sampel,
tetapi hasilnya dapat menafsirkan populasi (sifat-sifat dan karakteristiknya).
Mengingat luasnya populasi, peneliti bisa membatasi populasi sehingga mudah
dalam menarik sampel. Pembatasan populasi dilakukan dengan membedakan populasi
sasaran (target population) dan populasi terjangkau (accessible
population). Sampel ditarik dari populasi terjangkau. Dalam penelitian ini,
penulis mengguna-kan Non-Probability Sampling, karena jumlah populasi tidak
diketahui kepastiannya.
H1 : Diduga
variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles
berpengaruh
secara serempak dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan laundry 5asec di Surabaya.
H2 : Diduga
variabel resposiveness berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas
pelanggan laundry 5asec di Surabaya.
Teknik Analisis Data
Untuk perhitungan kuantitatif dalam penelitian ini, teknik
analisa data yang digunakan adalah Analisa Regresi Berganda, Koefisien Korelasi
Berganda (R), Uji F, dan Uji t.
e. Hasil penelitian
dan Kesimpulan
Berikut adalah deskripsi profil
responden yang meliputi jenis kelamin, usia, status, pekerjaan, pendapatan per
bulan, serta frekuensi menggunakan jasa Laundry 5Asec dalam 6 bulan terakhir.
Profil responden berdasarkan usia
Usia
|
Frekuensi
|
Fresentasi
|
<20tahun
|
1
|
1
|
21-30 tahun
|
44
|
44
|
31-40 tahun
|
34
|
34
|
41-50 tahun
|
20
|
20
|
> 50
tahun
|
1
|
1
|
Total
|
100
|
100
|
Tanggapan Responden mengenai
Laundry 5Asec
Indikator
|
Skor
jawaban
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Total
|
|
STJ
|
TS
|
KS
|
S
|
SS
|
||
Kecepatan karyawan dalam merespon
pelanggan
|
0
|
14
|
29
|
36
|
21
|
100
|
Karyawan selalu memberikan bantuan
kepada setiap pelangan
|
2
|
15
|
24
|
43
|
16
|
100
|
Karyawan dapat menangani setiap komplain
kerusakan baju dengan cepat
|
4
|
16
|
29
|
29
|
22
|
100
|
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar