kabarmadura.com internasional

bicarabola.com

Jurnal 1

| Senin, 22 Oktober 2012 | |


Metode Riset

JURNAL 1

Judul, nama pengarang, tahun

Analisis Pengaruh kualitas layanan terhadap royalitas pelanggan di laundry 5asec,Ellys Cornelia,Surabaya,2001.
Tema: Pelayanan Kerapian dan Kebersihan di Laundry


a. Latar Belakang

Dalam dunia industri, loyalitas pelanggan merupakan ukuran keberhasilan dalam usaha pelayanan jasa. Pelanggan akan merasa jauh lebih puas manakala dapat memenuhi kebutuhan konsumen jauh melebihi apa yang diharapkan. Ini sangat bergantung pada kualitas layanan dari pada para staf dalam memberikan pelayanan. Demikian halnya dengan Laundry 5Asec yang menekankan penilaian keberhasilan pemberian pelayanan pada tamu melalui pendapat pelanggan yang diisi oleh para tamu. Loyalitas pelanggan yang berusaha dicapai oleh Laundry 5Asec Surabaya ini dapat diukur dengan cara menyebarkan kuesioner yang akan diisi oleh konsumen. Pertanyaan dalam kuisioner ini berhubungan erat dengan kualitas layanan karyawan laundry 5Asec Surabaya dari sudut pandang persepsi loyalitas pelanggan. Hasil jawaban kuesioner ini akan dihitung untuk menentukan seberapa besarkah pengaruh jualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan mengetahui kualitas layanan laundry 5Asec terkait dengan loyalitas pelanggan, Laundry 5Asec Surabaya dapat mengerti secara lebih mendalam mengenai pandangan pelanggan terhadap kualitas layanan yang diberikan karyawan 5Asec Surabaya dan menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang demi mencapai loyalitas pelanggan.

b. Rumusan Masalah

Bagaimana akibat hukum penggunaan klausal baku dalam usaha laundry ?

c. Tujuan Penelitian

  Untuk mengetahui konsep kualitas pelayanan terhadap konsumen pengguna jasa laundry.
  Untuk mengetahui loyalitas konsumen terhadap pengguna jasa laundry 5Asec.
 

d. Metode Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal. Penelitian kuantitatif kausal adalah penelitian pendekatan ilmiah terhadap pengambilan keputusan manajerial dan ekonomi yang bertujuan untuk mendaptkan bukti hubungan sebab-akibat atau pengaruh dari variabel-variabel penelitian. Peneliti melakukan pengamatan terhadap konsekuensi-konsekuensi yang timbul dan menelusuri kembali fakta yang secara masuk akal sebagai faktor-faktor penyebabnya. Peneliti dapat mengidentifikasi fakta atau peristiwa tersebut sebagai variabel yang dipengaruhi (variable dependen) yaitu customer loyalty. Dan melakukan penyelidikan terhadap variabel-variabel yang mempengaruhi (variable indipenden) yaitu kualitas layanan.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuanitatif karena pengumpulan data, penafsiran data, dan penarikan kesimpulan dari penelitian ini berupa angka. Dalam penelitian ini penulis melakukan perhitungan mean dan distribusi frekuensi untuk memberikan gambaran dari data yang akan diperoleh.
”Populasi adalah keseluruhan obyek atau item yang dibatasi oleh kriteria tertentu” (Abdul Hakim, 1997, p.18). Populasi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung 5Asec. ”Sampel adalah kumpulan sebagian anggota populasi yang terbentuk karena sampling” (Abdul Hakim, 1997, p.18).
Batasan dalam pengambilan sampel adalah:
1. Orang-orang yang pernah berkunjung dan menggunakan jasa laundry 5Asec, sebanyak minimal 2 kali, selama 6 bulan terakhir.
2. Batas lingkupnya hanya jasa cuci 5Asec di Kota Surabaya.

Populasi dan sampel dalam penelitian ini merupakan sumber data, artinya sifat-sifat atau karakteristik dari sekelompok subyek, gejala, dan obyek. Sifat dan jaringan tersebut dijaring melalui instrument yang telah dipilih dan dipersiapkan oleh peneliti. Populasi tidak terbatas luasnya, bahkan ada yang tidak dapat dihitung jumlah dan besarannya sehingga tidak mungkin diteliti. Kalaupun akan diteliti, akan memerlukan biaya yang relatif cukup banyak, tenaga yang besar, waktu yang lama, dan sangat tidak praktis.

Oleh karena itu, sebagian saja asal memiliki sifat-sifat yang sama dengan populasi. Proses menarik sebagian subyek, gejala,atau obyek yang ada pada populasi tersebut disebut sampel atau penyampelan. Dengan demikian penelitian dilakukan terhadap sampel, tetapi hasilnya dapat menafsirkan populasi (sifat-sifat dan karakteristiknya). Mengingat luasnya populasi, peneliti bisa membatasi populasi sehingga mudah dalam menarik sampel. Pembatasan populasi dilakukan dengan membedakan populasi sasaran (target population) dan populasi terjangkau (accessible population). Sampel ditarik dari populasi terjangkau. Dalam penelitian ini, penulis mengguna-kan Non-Probability Sampling, karena jumlah populasi tidak diketahui kepastiannya.

H1 : Diduga variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles berpengaruh
secara serempak dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan laundry 5asec di Surabaya.

H2 : Diduga variabel resposiveness berpengaruh paling dominan terhadap loyalitas pelanggan laundry 5asec di Surabaya.

Teknik Analisis Data
Untuk perhitungan kuantitatif dalam penelitian ini, teknik analisa data yang digunakan adalah Analisa Regresi Berganda, Koefisien Korelasi Berganda (R), Uji F, dan Uji t.


e. Hasil penelitian dan Kesimpulan

Berikut adalah deskripsi profil responden yang meliputi jenis kelamin, usia, status, pekerjaan, pendapatan per bulan, serta frekuensi menggunakan jasa Laundry 5Asec dalam 6 bulan terakhir.




Profil responden berdasarkan usia
Usia
Frekuensi
Fresentasi
<20tahun
1
1
21-30 tahun
44
44
31-40 tahun
34
34
41-50 tahun
20
20
> 50 tahun
1
1
Total
100
100

Tanggapan Responden mengenai Laundry 5Asec
Indikator
Skor jawaban

1
2
3
4
5
Total
STJ
TS
KS
S
SS
Kecepatan karyawan dalam merespon pelanggan
0
14
29
36
21
100
Karyawan selalu memberikan bantuan kepada setiap pelangan
2
15
24
43
16
100
Karyawan dapat menangani setiap komplain kerusakan baju dengan cepat
4
16
29
29
22
100



Sumber :







0 komentar:

Posting Komentar