METODE RISET
Proposal Penelitian
NAMA :
AGUNG APRIANTO
NPM :
10210285
KELAS : 3EA13
Tema Penelitian: Peninggkatan jumlah pelanggan
HUBUNGAN ANTARA PROMOSI RESTORAN ayam bakar dengan
PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN
1. Latar belakang
Di era yang global ini persaingan dalam usaha
meningkatdengan tajam .Seiring dengan berkembangnya waktu,para konsumen lebih
pandai dalam memilih tempat makan yang mereka senangi.Disamping itu pula dalam
dunia usaha di bidang makanan bermunculan,banyak sekali yang menawari makanan
beraneka ragam, dari makanan dalam negrihingga makanan luar negri.Didalam
persaingan usaha di bidang makanan baik yang berasal dari dalam negeri maupun
luar negeri yang sedang popular di kalangan masyarakat kota.
Dengan bermunculan restoran yang sejenis menambah daya saing
sehingga harus menjaga pelanggan dan meningkatkan pelanggan. Oleh karena itu
dengan banyak pesaing restoran atau rumah makan harus melakukan promosi yang
dapat memikat hati masyarakat.Promosi merupakan alat dimana menggenalkan lebih
dalam produk yang diciptakannya.Dengan promosi diharapkan masyarakat mau
menerima produk yang kita jual sehingga para pelanggan mau datang ke tempat
usaha kita
2 Rumusan Masalah
1. Apakah promosi yang dilakukan perusahaan sudah
meningkatkan jumlah pelanggan Restoran ayam bakar di Depok dan Bekasi ?
2. Bagaimana hubungan antara promosi dengan
peninggkatan jumlah pelanggan Restoran ayam bakar di Depok dan Bekasi ?
3. Tujuan Penelitian
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
kegiatan promosi Restoran ayam bakar dalam meningkatkan jumlah pelanggan.
4.1 . Metode Pengumpulan Data.
a. Studi Lapangan.
Melakukan penelitian dilapangan dengan maksud untuk mendapat
data yang sesuai dengan masalah yang hendak dibahas. Dan metode yang digunakan
mendapat informasi tersebut sebagai berikut :
b. Survei
Pemberian kuisioner kepada pelanggan di Restoran ayam bakar
di Depok dan Bekasi yang berisikan pertayaan yang berkaitan dengan promosi
yang mencangkup aspek produk dan promotin mix.
4.2. Objek Penelitian
Objek penelitian dari penulisan ilmiah ini adalah responden
pelanggan Restoran ayam bakar dengan 35 responden.
4.3. Data / Variabel
Data dari penelitian ini berasalkan dari hasil kuisioner
yang ditujukan kepada pelanggan Restoran ayam bakar di Depok dan Bekasi
4.4. Alat analisis yang digunakan.
Metode alat analisis yang digunakan dalam penulisan ilmiah
ini adalah metode diskriptif, variabel pengukurannya menggunakan skala Likert
dengan memberikan skor 1-5.
4.5 Indikator
Indikator dalam penulisan ini adalah kepuasan konsumen dan
kenyamanan konsumen dalam menggujungi Restoran ayam bakar di Depok dan Bekasi.
4.6 Variable
Ditinjau dari idikator di dapat variablenya yaiti kualitas
makanan, jenis makana,hadiah dan
suasana tempat.
5. Rancangan Analissis
Alat analisis yang digunakan ini adalah metode diskriptif,
variabel pengukurannya yaitu kualitas makanan,jenis makanan,hadiah dan suasana
tempat.
6. Hasil Survei
a. Untuk Restaurant ayam bakar D’jokers
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen untuk
berlangganan di ayam bakar D'jokers. Dari penelitian yang telah diamati
terdapat beberapa faktor mengapa sebagian besar konsumen ayam bakar D'jokers di
daerah Depok, menjadi pelanggan tetap, antara lain sebagai berikut :
1. Harga terjangkau.
2. Banyak pilihan menu.
3. rasa.
4. Mudah didapat.
Faktor-faktor yang menjadi pengaruh naiknya tingkat minat
konsumen untuk mengkonsumsi ayam bakar D'jokers, karena mereka beranggapan
bahwa ayam bakar D'jokers adalah makanan yang bergiziuntuk dikonsumsi terlebih
pada siang hari dengan berbagai pilihan menu dan harga terjangkau. Umumnya
kepuasan konsumen menjadi titik tolak besar kecilnya loyalitas pelanggan
terhadap suatu produk ataupun jasa. ayam bakar D'jokers menghadirkan sensasi
berbeda daripada rumah makan lainnya.
b. Untuk rumah makan Mie ayam dan ayam bakar Fajar cabang
Kelapa Dua
Pada penelitian digunakan 2 metode untuk menganalisa data
primer yang telah diperoleh, yakni metode analisa deskriptif dan metode analisa
statistik. Metode analisa deskriptif dalam penelitian ini merupakan uraian atau
penjelasan dari hasil pengumpulan data primer yang berupa kuesioner yang telah
diperoleh dari responden penelitian. Sedangkan metode analisa statistik ,
selain untuk menguji uji validitas dan reabilitas dari kuesioner, metode
analisa statistik juga digunakan untuk melakukan analisa regresi
berganda.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa dari 50 orang responden menyatakan baik (puas) terhadap
pelayanan Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua. Hal ini dapat
dilihat bahwa antusias para pelanggan sangat tinggi akan kesadaran untuk makan
di Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua, Dengan begitu Mie Ayam
Fajar cabang Kelapa Dua telah berusaha dan berhasil membuat para konsumen
(pelanggan) merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh Mie Ayam
Fajar cabang Kelapa Dua.
Apabila Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua
ingin mendapat konsumen (pelanggan) yang banyak, harus selalu unggul dalam
persaingan serta ingin selalu memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen,
maka Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua harus terus memperhatikan
kebutuhan yang selalu diinginkan oleh konsumen dan lebih meningkatkan pelayanan
yang lebih maksimal lagi terutama pada jenis menu dan fasilitas serta keramah
tamahan pelayanan.
7. Kesimpulan
Disimpulan bahwa promosi yang dilakukan Restoran ayam bakar
dapat meninggkatkan jumlah pelanggan,yaitu dengan terpenuhinya kepuasan pelanggan
dalam kualitas makanan yang disajikan.
8. Usulan Strategi
Strategi yang sebaiknya digunakan adalah dengan meningkatkan
lagi kualitas makanan yang dapat menimbulkan kepuasan pelanggan, dan lebih
inovatif ,kreatif dalam jenis makanaan sehingga tidak mencitkan kebosanan
pelanggan ketika menggunjungi Restoran ayam bakar.
0 komentar:
Posting Komentar