kabarmadura.com internasional

bicarabola.com

PROPOSAL PENELITIAN

| Selasa, 20 November 2012 | |

METODE RISET

Proposal Penelitian

NAMA                  : AGUNG APRIANTO
NPM                      : 10210285
KELAS                  : 3EA13

Tema Penelitian: Peninggkatan jumlah pelanggan

HUBUNGAN ANTARA PROMOSI RESTORAN ayam bakar dengan PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN

1. Latar belakang

Di era yang global ini persaingan dalam usaha meningkatdengan tajam .Seiring dengan berkembangnya waktu,para konsumen lebih pandai dalam memilih tempat makan yang mereka senangi.Disamping itu pula dalam dunia usaha di bidang makanan bermunculan,banyak sekali yang menawari makanan beraneka ragam, dari makanan dalam negrihingga makanan luar negri.Didalam persaingan usaha di bidang makanan baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri yang sedang popular di kalangan masyarakat kota.

Dengan bermunculan restoran yang sejenis menambah daya saing sehingga harus menjaga pelanggan dan meningkatkan pelanggan. Oleh karena itu dengan banyak pesaing restoran atau rumah makan harus melakukan promosi yang dapat memikat hati masyarakat.Promosi merupakan alat dimana menggenalkan lebih dalam produk yang diciptakannya.Dengan promosi diharapkan masyarakat mau menerima produk yang kita jual sehingga para pelanggan mau datang ke tempat usaha kita

2 Rumusan Masalah
1. Apakah promosi yang dilakukan perusahaan sudah meningkatkan jumlah pelanggan Restoran ayam bakar di Depok dan Bekasi ?
2. Bagaimana hubungan antara promosi dengan peninggkatan jumlah pelanggan Restoran ayam bakar di Depok dan Bekasi ?

3. Tujuan Penelitian
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan promosi Restoran ayam bakar dalam meningkatkan jumlah pelanggan.

4.1 . Metode Pengumpulan Data.

a. Studi Lapangan.
Melakukan penelitian dilapangan dengan maksud untuk mendapat data yang sesuai dengan masalah yang hendak dibahas. Dan metode yang digunakan mendapat informasi tersebut sebagai berikut :

b. Survei
Pemberian kuisioner kepada pelanggan di Restoran ayam bakar di Depok dan Bekasi yang berisikan pertayaan yang berkaitan dengan promosi yang mencangkup aspek produk dan promotin mix.
4.2. Objek Penelitian
Objek penelitian dari penulisan ilmiah ini adalah responden pelanggan Restoran ayam bakar dengan 35 responden.
4.3. Data / Variabel
Data dari penelitian ini berasalkan dari hasil kuisioner yang ditujukan kepada pelanggan Restoran ayam bakar di Depok dan Bekasi
4.4. Alat analisis yang digunakan.
Metode alat analisis yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini adalah metode diskriptif, variabel pengukurannya menggunakan skala Likert dengan memberikan skor 1-5.
4.5 Indikator
Indikator dalam penulisan ini adalah kepuasan konsumen dan kenyamanan konsumen dalam menggujungi Restoran ayam bakar di Depok dan Bekasi.
4.6 Variable
Ditinjau dari idikator di dapat variablenya yaiti kualitas makanan, jenis makana,hadiah dan suasana tempat.

5. Rancangan Analissis
Alat analisis yang digunakan ini adalah metode diskriptif, variabel pengukurannya yaitu kualitas makanan,jenis makanan,hadiah dan suasana tempat.

6. Hasil Survei
a. Untuk Restaurant ayam bakar D’jokers

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen untuk berlangganan di ayam bakar D'jokers. Dari penelitian yang telah diamati terdapat beberapa faktor mengapa sebagian besar konsumen ayam bakar D'jokers di daerah Depok, menjadi pelanggan tetap, antara lain sebagai berikut :
               
1.    Harga terjangkau.
2.    Banyak pilihan menu.
3.    rasa.
4.    Mudah didapat.

Faktor-faktor yang menjadi pengaruh naiknya tingkat minat konsumen untuk mengkonsumsi ayam bakar D'jokers, karena mereka beranggapan bahwa ayam bakar D'jokers adalah makanan yang bergiziuntuk dikonsumsi terlebih pada siang hari dengan berbagai pilihan menu dan harga terjangkau. Umumnya kepuasan konsumen menjadi titik tolak besar kecilnya loyalitas pelanggan terhadap suatu produk ataupun jasa. ayam bakar D'jokers menghadirkan sensasi berbeda daripada rumah makan lainnya.

b. Untuk rumah makan Mie ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua

Pada penelitian digunakan 2 metode untuk menganalisa data primer yang telah diperoleh, yakni metode analisa deskriptif dan metode analisa statistik. Metode analisa deskriptif dalam penelitian ini merupakan uraian atau penjelasan dari hasil pengumpulan data primer yang berupa kuesioner yang telah diperoleh dari responden penelitian. Sedangkan metode analisa statistik , selain untuk menguji uji validitas dan reabilitas dari kuesioner, metode analisa statistik juga digunakan untuk melakukan analisa regresi berganda.  

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa dari 50 orang responden menyatakan baik (puas) terhadap pelayanan Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua. Hal ini dapat dilihat bahwa antusias para pelanggan sangat tinggi akan kesadaran untuk makan di Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua, Dengan begitu Mie Ayam Fajar cabang Kelapa Dua telah berusaha dan berhasil membuat para konsumen (pelanggan) merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh Mie Ayam Fajar cabang Kelapa Dua.

Apabila Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua ingin mendapat konsumen (pelanggan) yang banyak, harus selalu unggul dalam persaingan serta ingin selalu memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen, maka Mie Ayam dan ayam bakar Fajar cabang Kelapa Dua harus terus memperhatikan kebutuhan yang selalu diinginkan oleh konsumen dan lebih meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal lagi terutama pada jenis menu dan fasilitas serta keramah tamahan pelayanan.

7. Kesimpulan
Disimpulan bahwa promosi yang dilakukan Restoran ayam bakar dapat meninggkatkan jumlah pelanggan,yaitu dengan terpenuhinya kepuasan pelanggan dalam kualitas makanan yang disajikan.

8. Usulan Strategi
Strategi yang sebaiknya digunakan adalah dengan meningkatkan lagi kualitas makanan yang dapat menimbulkan kepuasan pelanggan, dan lebih inovatif ,kreatif dalam jenis makanaan sehingga tidak mencitkan kebosanan pelanggan ketika menggunjungi Restoran ayam bakar.



0 komentar:

Posting Komentar