kabarmadura.com internasional

bicarabola.com

PRINSIP AKUNTANSI DAN PELAKSANAANYA

| Senin, 04 Oktober 2010 | |
PENGERTIAN AKUNTANSI (ACCOUNTING)

    Akuntansi sering disebut bahasa dunia usaha atau the language of business. Perubahan di dalam masyarakat kita karena pertambahan kegiatan akan disumbangkan dengan "bahasa" ini dilaksanakan berupa pencatatan dan menginterpretasikan data dasar ekonomi baik untuk perorangan,pemerintah,dan badan-badan lainnya.
Pembuatan keputusan didasarkan informasi sangatlah penting untuk penyebaran/pendistribusian yang efisien dan penggunaan sumber negara yang jarang. Karena itu akuntansi merupakan peraturan penting di dalam dunia ekonomi dan sistem sosial.

     Akuntansi berkaitan dengan proses pencatatan.pengklasifikasikan dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan transaksi perusahaan dan kejadian lainnya. Artinya akuntansi sebetulnya  lebih luas dan untuk itu definisi dari American Accounting Association yang menyatakan :

the process of identifying,measuring,and communicating information to permit informed judgment and decisions by users of the information.


MANFAAT INFORMASI AKUNTANSI
         
      Akuntansi dilengkapi dengan tehnik untuk menghimpun dan diutamakan untuk menghubungkan data ekonomi ke dalam bermacam-macam bentuk perusahaan baik perorangan,maupun lembaga. Pemilik maupun orang-orang yang ingin memiliki perusahaan sangat butuh akan hal ini,guna mengetahui status dan kondisi keuangan perusahaan serta bagaimana kemungkinan pada masa mendatang. Bankers dan pemilik barang sangat memperhatikan berita financial dari organisasi perusahaan guna menetapkan tingkat resiko yang berkaitan dengan pinjaman atau kredit yang diberikan. Badan pemerintah sangat memerlukanlaporan mengenai kegiatan financial dari perusahaan dengan tujuan sebagai dasar menentukan pajak dan peraturan-peraturan.

LAPANGAN KHUSUS AKUNTANSI

      Sebagai tambahan untuk General Accounting sejumlah lapangan-lapangan akuntansi yang khusus telah berkembang. terutama selama 50 tahun terakhir ini. Diantara lapangan-lapangan khusus ini secara singkat dapat dilihat dibawah ini.

AUDITING DAN INVESTIGATION (PEMERIKSA KEUANGAN)  

      Auditing dan Investigation merupakan suatu lapangan kegiatan akuntansi yang khusus membicarakan General Accounting yang biasa dikerjakan Akuntan Publik.

COST ACCOUNTING (AKUNTANSI BIAYA)

     Cost Accounting merupakan bidang yang menekankan akuntansi untuk menghitung biaya terutama biaya-biaya produksi dan proses pembuatannya dari pada akuntansi untuk perusahaan.

MANAGEMENT ACCOUNTING (AKUNTANSI MANAJEMEN)

     Management Accounting merupakan petugas yang menganalisis mengenai sejarah dan menaksir data yang berkaitan dengan management secara kontinue.

TAX ACCOUNTING (AKUNTANSI PERPAJAKAN) 

     Tax Accounting merupakan petugas yang mengumpulkan transaksi perusahaan atau mencari alternatif yang terbaik.

BUDGETARY ACCOUNTING


     Accounting System merupakan suatu bidang ilmu yang menguraikan bagaimana cara membuat rencana kegitan-kegiatan financial/pembelanjaan untk suatu jangka waktu tertentu melaluui perkiraan serta ringkasannaya.

ACCOUNTING SYSTEM (SISTEM AKUNTANSI)

     Accounting System merupakan lapangan khusus yang berhubungan dengan penciptaan prosedur akuntansi dan peralatan serta menentukan langkah-langkah untuk megumpulkan dan melaporkan megenai data keuangan. 

GOVERNMENTAL ACCOUNTING (AKUNTANSI PEMERINTAH)

     Governmental accounting adalah kegiatan yang mengkhususkan di dalamnya terdapat transaksi-transaksi dari unit-unit bagian dan kotapraja.

SOCIAL ACCOUNTING (AKUNTANSI KEMASYARAKATAN)

     Social Accounting merupakan kegiatan pengukuran biaya hidup dan keuntungan yang dapat dipertimbangkan dari saat sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar