kabarmadura.com internasional

bicarabola.com

Budaya Indonesia D.I Yogyakarta

| Jumat, 01 Oktober 2010 | |
Budaya merupakan suatu ciri khas atau identitas suatu negara atau kota. Indonesia merupakan negara yang amat kaya terhadap sumber daya alamnya (SDA). Selain itu Negara Indonesia memiliki 33 provinsi, kali ini saya akan mengenalkan tentang budaya Indonesia D.I Yogyakarta.

Yogyakarta mendapat julukan sebagai kota pelajar karena Jogja merupakan tempat yang sangat di minati oleh pelajar di seluruh provimsi bahkan sampai ke mancanegara. Disamping biaya hidupnya yang murah yang pas untuk kantong orang Indonesia. D.I Yogyakarta merupakan wilayah Ngayogyakarta Hadiningrat dan kadipaten pakualam, dan dipimpin oleh seorang Sultan Hamengkubuono IX. Provinsi ini mudah dilalui dari berbagai arah mulai jalur selatan sampai jalur utara yang lebih dikenal dengan sebutan Pantura.

Berdirinya Kota jogja tidak lepas dari keraton Kesultanan Jogja. Disana juga terdapat peninggalan prasasti yang diberi nama Tugu Yogyakarta. Tugu Jogja adalah simbol atau lambang kota Jogja yang sering sekali dikunjungi oleh pelancong baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Jogja juga memillki objek wisata yang terkenal diantaranya Pantai Kaliurang,Candi Borobudur,Pantai parangtritis,Pantai Baron yang padat dikunjungi jika weekend dan musim lebaran dan liburan sekolah.

Kota Jogja memiliki kesenian khas diantaranya Ketoprak Jawa,Kesenian Ramayana. Namun kesenian itu sudah jarang diminati anak remaja sekarang lebih memilih Kesenian Budaya Asing yang pada akhirnya direbut oleh Negara tetangga sudah di rebut saja baru marah. Yang tak kalah pentingnya adalah makananya yang enak dan maknyus yang so pasti gudeg,apyang,bakpia,dendeng,gado-gado,lotek,enting-entik,getuk. Jogja juga sebagai tempat surganya belanja yaitu Marioboro,Toko batik,Toko kerajinan khas Jogja dan Toko sepatu dan baju Made In Jogja. Wow pokonya Jogja sungguh sebuah kota yang sangat asyik di kunjungi sebagai bahan referensi. Daerahnya pun sangat sejuk tidak kalah dengan kota-kota besar seperti Jakarta. Sungai dan kalinya pun masih jernih. Banyak orang asing yang telah pandai berbicara Jawa Tengah. Orang asing saja mau belajar budaya kita masa kita yang punynya malas belajar budaya asli dari Indonesia ini. Ada orang yang ahli tentang gunung berapi yaitu Mbah Marijan. Oh ya kalau mau makan di Jogja harus tanya dulu harganya supaya tidak di ketok gede, Pokoknya Jogja sungguh mengasikkan tempabarang-barang surganya murah tapi tidak murahan. Tentang saja kalau ke Jogja tidak naik mobil pribadi disana pun banyak tempat penyewaan jasa rental mobil maupun motor tinggal pilih sesuai budget kita masing-masing. Jogja adalah tempat jutaan pelajar menuntut ilmu di antanya ada UGM,UNY,POLITEKNIK JOGJAKARTA dari yang murah sampai yang mahal tentunya menjamin kualitas pendidikannya. Tenang saja ada banyak tempat kost kost kok yang dekat dari kampusnya. Jadi,apakah kita harus membanggakan negara luar negeri kalau di Indonesia saja kita punya banyak 33 Provinsi dengan latar budaya yang berbeda-beda dan bahasanyanya pun berbeda-beda.

Budaya Indonesia sungguh tidak terkalahkan dengan negara manapun tanpa terkecuali. Makanya kita harus menjaga dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada negara luar negeri.

0 komentar:

Posting Komentar